BACK HOME CULTURE SHOCK

Ternyata hampir setaunan blog ini mati suri.. :p

Sebenernya ada segudang cerita, segunung pemikiran, dan beribu kata yang mampir di kepala. Iya, semenjak Mr.A nyusul ke Sydney, saya lebih seneng ngulik di dapur dari pada mantengin laptop buat cerita di blog secara udah ada mas yang siap nampung cerita live dari sayaah,, hehe,, lanjut pas hamil saya lebih prefer ngagoler di kasuuuurrr.. hahahaha *tetep banyak alasan intinya mah*

Sudah resmi dua minggu kembali ke tanah air tercinta. Rasanya? Masih ngelayang.. haha.. raga disini, jiwa berasa masih ketinggalan di Kingsford. Banyak kagetnya sama keruwetan negeri ini yang padahal dari dulu memang ruwet dan rasanya biasa ajah.. haha..

Dulu, sebelum berangkat menimba ilmu di negeri kangguru sempat dibekali sesi “culture shock” supaya pemuda bangsa macam saya yang belum pernah hidup di negeri bule, ga kaget. Tapiii, berkali kali juga saya dengar, you’ll be able to adjust yourself in developed country easily for sure, the real culture shock will happen when you get back to your home country.. Indeed a.k.a iya banget!!!

Ada beberapa ke-legeg-an saya sepulang dari negeri kangguru:

  1. Panas! Sydney di Bulan Agustus masih akhir winter masih sering-seringnya di temperature satu digit, dan tiba-tiba landing di Jakarta dengan humidity tinggi dan 30++ derajat Celsius. Berangkat dengan jaket berlapis dan syal, landing rasanya pengen kaos kutungan… Biasanya bias ga mandi dua hari berturut2, sekarang mandi keringet… wooossaaaaahhh!
  2. Price tag. Pertama kali transaksi pake rupiah, pas makan di so**ri* bandara. Liat harga, banyak banget digitnya.. haha.. dan mahaaall yaaah hidup di indonesiaaaahhh T.T. Kwetiaw goreng aja udah 30ribueun atulaaaah.. sedih
  3. Langit abu. Sedari awak pesawat bilang mau landing, udah ga ada lagi langit biru cerah. Adanya biru ke abuan cenderung coklat yah intinya dikira mendung. Taunya emang gitu langit sepanjang pagi ke siang hari.. aaaakkk.. kusam
  4. Mabok darat. Berhubung tujuan utama bandung tercinta, dari bandara langsung sambung jalan darat pakai mobil orang tua. Saya? Mabok doong.. lieur keleyengan bisa jadi karena lelah, AC, ato ruwetnya jalanan. Eh ternyata keliling bandung di kesekian hari setelah landing masih mabok juga.. iya, ternyata kebiasaan naik bus selama di Sydney.. haha.. ndeso
  5. Zebra cross. Disana, setiap ada zebra cross, semua moda angkutan harus mendahulukan penyebrang jalan, no matter how ngebutnya, kalau sudah ada yang garis putih semua stop. Sampai di cengkareng, seraaaaammm!!! Nyebrang di zebra cross ga pada ngalaaahh.. T.T
  6. Nyetir serabutan. Naik kendaraan rasanya capek, capek liat jalanan yang ga ada abisnya seserobotan apalagi yang namanya motor, angkot, truk,
  7. Inet lelet. Ini diaaaa si jalii jaaliiiiii! Haha.. iya, disana, di rumah ato kampus atau fasum, terlalu dimanjain sama inet unlimited yang kencengnya ngalahin Bolt. Streaming free movie pake mandeg aja rasanya geram. Sampai disiniii………………. Ya gitulah yaaaaaaaa……… hahaha
  8. Jalan kaki. Dalam rangka pengen move on, saya mulai jalan kaki nysusurin komplek rumah. Lalu tiba2 kangen Sydney nya jadi super. Disana, trotoar rapih dan lega buat pejalan kaki dan buat para disable. Disini, kehalang yang dagang, rusaklah, hamper keserempet mobil lah, sempit lah, beceklah, harum got lah, diliatin orang lah (ni orang ngapain jalan kaki panas2, yg lain mah udh motor2an).. hhaaaa pantes ya dulu males pisan jalan kaki.
  9. Siaran TV. Nah ini nii juara! speechless lah pokonya :p

Sekian dan sebenarnya masih banyak lagi cuman ga dibahas aja takut makin luntur nilai2 nasionalisme sayah.. :p

-Ms Cahaya Beku yang susah move on dari Kingsford dan sekitarnya-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s