Karna ngASI itu harus keras kepala

Kenapa tiba-tiba posting masalah ASI? karna saya sudah mulai mendekati masa ngASI kedua (mudah-mudahan ya rabb). Mulai mengingat-ngingat rasanya ngASI (memberi ASI), also as a self-reminder.

NgASI itu anugerah. Tidak semua ibu bisa memberikan ASI sepenuhnya karena satu dan lain hal yang tidak bisa dihindarkan. Tapi buat Ibu yang dianugerahi ASI, saya tahu benar banyak tantangannya.

Kenapa???

karna ternyataaaa sedotan anak bayi baru lahir itu subhanallah rasanya nyeri sampai ke perut.. dan ga jarang nippl* sampai lecet parah berdarah-darah berbulan-bulan..

karna ngASI sama dengan menahan perih dan merelakan tubuh lelah mata panda ibu hanya untuk duduk memangku anak semata dan mencurahkan semua perhatian demi kenyangnya si anak..

karna hati ibu rasanya tersayat-sayat kalau dengar anak bayi meronta-ronta kelaparan dan disaat yang sama ada susu bubuk yang hanya tinggal seduh dan dengan instantnya menghentikan tangisan anak tersayang dan menghentikan panik si ibu..

karna lingkungan sekeliling yang kadang tidak sabar menunggu ke-belum-mampuan ibu dalam menyusui dan menempatkan ibu dalam posisi tertekan..

karna ngASI butuh komitmen ibu bekerja.. untuk merelakan jam-jam tidur nya digunakan untuk memerah ASI, menaruhnya dalam freezer, mencuci-steril alat pompa dan botol-botol..

karna ngASI itu gratisan yang perlu usaha luar biasa.. sekalinya siklus ngASI berubah, produksi ASI ikut berubah..

ya karna ngASI itu harus keras kepala.

Bukan maksud menakuti, tapi dalam hal perjuangan ngASI, kadang kita merasa sendiri. Ya walaupun suami mendukung sepenuhnya, still.. they do not know exactly how it feel.

No, you are not alone. Semangat ngASI ya buibuu… 🙂

 

Advertisements

Si Raja Cilik

Siapa tuh? Panggilan gemes saya buat si sulung. Kenapa raja? Saya anak sulung, mas suami juga anak sulung. Anak saya otomatis jadi cucu pertama kesayangan ortu dan mertua saya. Bukan hanya cucu kesayang, tapi juga keponakan super kesayangan. Selalu ditanya sana-sini, dimanja sana-sini, dirindukan sana-sini, dituruti sana-sini, ya, macam raja.

13466378_10154266145022485_4316624698597041351_n.jpg
Si Raja Cilik dan Tuan Besar :p

Konon katanya, sayangnya kakek nenek melebihi sayangnya orangtua si anak. Ibu saya yang cukup keras dan tergolong galak, jadi super lemah lembut kalau menghadapi cucunya. Beliau yang langka mengucap rindu ke anaknya, mengumbar kecupan dan kata rindu tiap kali sang cucu mampir ke rumahnya. *duh saya berasa jadi anak tiri, LOL*

Perfect-Love-Sometimes-Does-Not-Come-Until-The-First-Grandchild.-»-Welsh-Proverb.jpg

Saking sayang dengan cucu, rasanya banyak waktu saya dan suami yang secara ga langsung ‘dikudeta’. Iya, si sulung kalau sudah dipegang kakek-nenek langsung diculik ke kamar atau dibawa jalan-jalan kesana kemari. Honestly, hal kaya gini awalnya sempet bikin si ibu baper dan super jealous lanjut ngedumel sama mas suami karena saya ga bisa sepuasnya main dengan si sulung. Apalagi di awal-awal kepindahan ke Bandung yang mana tiap harinya tidak pernah tidak ada kakek-nenek nya, baik weekend maupun weekdays. Saya yang awalnya tinggal di Bekasi punya banyak keleluasaan ngasuh anak, tiba-tiba ‘diambil-alih’ kakek-nenek nya, otomatis jadi sensitif. Kalau sudah begini, bawaannya pengen manyun sama mas suami lanjut ngedumel ‘bodo ah, anaknya diambil melulu, diurus kakek-neneknya aja gih biar ibu mah sibuk kerja sama jalan-jalan aja’ hihihi.. yup, sounds so childish kan ya? :p

Lama kelamaan, selalu berpikiran negatif seperti itu rasanya melelahkan ya. Ibu mulai putar otak, harusnya pandai-pandai bersyukur. Di kala orang lain merasa gelisah anak-anaknya diasuh oleh orang yang ga dikenal (ART), si Ibu masih punya ortu dan mertua yang tulus mau asuh si sulung dengan keterbatasan fisik mereka yang sudah tidak se-enerjik dulu.

Saya, si cewe perfeksionis, mulai mau menerima keadaan pelan-pelan. Awalnya, saya punya sederet impian dan track sederhana buat anak pertama saya yang ternyata tidak semudah yang dibayangkan.

Cita-cita saya, si sulung makan yang tertib di high chair, makan makanan non artificial ingredients dengan pola baby led-weaning, tidur yang tertib dengan lampu mati dan berdoa sebelum tidur, no gadget, no TV, banyak main mainan buatan saya yang bikin stimulasi motoriknya oke. Semuanya untuk melatih si anak punya rutinitas yang tertib sekalian belajar disiplin sejak dini.

Kenyataannya? Si sulung kalau makan mesti sambil main, jalan-jalan atau nonton TV. Pola makannya berantakan karena ternyata bikin MPASI tiap hari itu menguras tenaga, belum lagi pake kecewa kalau si anak lagi GTM karena makanan semuanya dilepeh, alhasil sesekali ibu cheating pake makanan bayi instant. TV is switched on almost full day, sering nge-youtube, dan sebagainya. Kalau sudah begini salah siapa? Ya kan kembali ke saya sebagai Ibu nya. I could say my baby is not my rule, as a consequent of being a working mom.

Kalau mas suami lihat saya pake acara drama manyun-manyun langsung diingetin baik-baik ‘Bu, kakek neneknya tau kok mana yang baik dan engga buat cucunya, jadi percaya aja’. Tapi kan yaaa konon sayang yang terlalu sayang suka membutakan hati ceunah mah. huehehe :p

Well, hati saya mulai melunak lagi sejak kehamilan kedua yang ternyata membuat saya kelimpungan kalau sendirian pegang si sulung. Saya sadar kalau si sulung super aktif dan seharian dengannya sama dengan senam zumba ga pake istirahat. Jadi, yasudahlah kalau memang TV jadi peralihan yang bikin si sulung sedikit kalem, dimaklumi saja. Yang penting saat si sulung bersama dan suami saya, diusahakan jauh-jauh dari TV dan gadget.

No matter what, grandparent is grandparent. Me and my hubby are a parent. Those are two different kind of thing and irreplaceable one another.
my-son-is-my-routine-and-priority-period-quote-1.jpg

 

 

2nd pregnancy story: Gender

Male or female? (Source: google.com)

Flashback  kehamilan 13 minggu

Dokter: Anak pertama laki2? (sambil fokus nge-USG perut saya, kacamata melorot di hidung) | Saya dan Mas Suami: Ya dok | Dokter: hmmm.. ini juga laki-laki ya bu | Saya dan Mas Suami: Oh, gitu ya dok? laki2 lagi? (sambil komen dalam hati, yaudahlah yaaa apa aja yang penting sehat wal’afiat)

Kontrol di kehamilan 31 minggu…

Dokter: Anak pertama laki-laki ya bu? kalau yang ini jelas ya perempuan (sambil fokus nge-USG perut saya, kacamata melorot di hidung) | Saya dan Mas Suami: Hah?! bukannya laki-laki ya dok? | Dokter : Kata siapa? | Suami : Kata dokter | Dokter : Saya? waktu kapan bilang gitu? | Suami: Waktu kontrol 13 minggu, dok | Dokter: Masa? Oh gitu? Maaf ya saya terlalu cepat menyimpulkan berarti | Saya dan Mas suami: (syok dan speechless, nyengir seadanya) | Saya: yah dok,, ga belanja-belanja nih saya karena kirain laki-laki, masih banyak lungsuran bekas kakaknya. | Dokter : Ah bayi mah perempuan sama laki sama saja gakeliatan ini.. *ngeles*

Akhir kontrol, saya sama mas suami masih bengong-bengong dan cekikikan sendiri. Lah piye ikiiii.. bener-bener ga kepikiran dan ga nyiapin apa-apa banget buat si dede bayi..

Mas suami: (sambil senyum2 hepi denger dapet anak cewe) Tuh kaan, ga salah-salah amat sampe sekarang papap belum nyiapin nama buat anak, taunya berubah kaaann.. :p

Saya: (ga mau kalah) Iya juga siiihh.. kalow gituuuhh sponsor doong sponsooorrr.. ibu mo belanja rok tutuuu buat dede, bando2, baju2 lucu yang mecing sama ibuuu.. hueheheh :p

Wallahualam.. apapun itu, sudah kehendak Allah SWT.. mau perempuan atau laki-laki, we’ll love you tons dede bayiii.. semoga pertemuan kita dimudahkan Allah SWT, jadi anak sehat yang sholeh/ah ya nak.. ibu papap just can’t wait to see you :*

Thingking about Quitting?

Ceritanya ini curhat kegalauan standar emak-emak bekerja yang selalui dilema antara pengen tetep kerja atau jadi ibu RT yang full available ngurus anak-anak dan suami, beres2, plus masak2 cantik di rumah (again!LOL).

working mom
Source: http://www.linkedin.com

For me as a working mom,, have I ever thinking about quitting for my job? often!! LOL. Apalagi dengan suasana kerja baru di kantor baru yang ga se-oke dulu dan terlalu banyak drama yang bikin malesin ngantor. Hahaha. Chicken! :p

Walau ga se-hectic dan se-prestige kerjaan di kantor ibu kota, disini keitung santey pake banget. Jarak kantor ke rumah pondok mertua indah yang hanya 15 menitan, bikin saya punya waktu banyak buat ngurus anak. Pagi-pagi masih sempat mandiin sampe siapin makanan si sulung untuk seharian, jadi mama mertua tinggal ngangetin. Pulang kantor juga masih sempet ajak si sulung jalan-jalan sore keliling komplek, suapin makan, mandiin, ngelonin sampe doi pules.

Trus di kantor piye? ya kalau sibuk ya sibuk, kalau santai ya santei magabut macam ngeblog kaya sekarang ini. Hahaha. Dari segi moril kadang rasanya ga jelas, dibayar tapi ga produktif. Tapi klo ga kerja juga ga punya duit jajan sendiri rasanya gimana gitu yah? ahahaha. *maunya naon sih fris?*

Setiap pilihan yang diambil, pasti ada alasan dan risiko yang mesti diambil. Termasuk keputusan untuk tetap bekerja. Jangan salah, dengan tetap kerja bukan berarti perasaan santai sambil nitipin anak ke orang lain. There’s always guilty feeling, such an imperfect mom. From what I read, that’s common. Salah satu solusi untuk ‘mengurangi’ rasa bersalah, I have to write down all the reason beyond my decision. So, here we go..

Setelah anak lahir, saya sempat hampir 5 bulan jadi ibu RT, ngurus anak, rumah dan suami, alhasil? menyenangkan.. but it just a temporary feeling, somehow I still miss working!! ketemu dan diskusi dengan orang lain, keluar rumah, lihat jalanan walau ya macet-macet juga nemunya. I really need me-time. Kayanya saya bukan tipe orang yang betahan diam di rumah berminggu-minggu dengan rutinitas yang exactly similar everyday. Dan saya belum bisa ngebayangin kalau someday anak2 sudah besar dan punya ‘kehidupan’ masing-masing, giliran saya yang bakalan sendiri kesepian ditinggal dan sibuk dilanda rindu minta dijengukin anak2 saya. Raising children is every parents main job, but not hassling their children. I’ll let them have a responsible freedom. Biar mereka merindukan dan menyayangi orangtuanya dengan tulus tanpa merasa terbebani. 🙂 

Kebiasaan punya uang jajan sendiri. LOL. Yoi, semenjak lulus kuliah tekad saya cuman satu: ga mau minta-minta lagi sama orang tua apalagi pacar, kalau suami mah kan hak yah? ahahahahah. Tapi teteepp.. rasanya sebagai perempuan kalau punya uang sendiri lebih nyaman jadi kalau mau beli tas sepatu atau lain-lain ga perlu nunggu subsidi, tinggal gesek kartu sendiri. Dan rasanya lebih lega aja ga harus ‘nodong2’ mas suami minta ini itu dan ga perlu penolakan.. secara pake duit sendiri.. kalau uang suami kan ada kandungan pertanggungjawaban moril di dalamnya.. huahahaha :p

Mungkin, saat ini Allah SWT masih mengamanahkan rezeki-Nya lewat saya. Kalau suatu hari saya yakin seyakinnya saya bisa lepas dari hal ini (janji-Nya sih sudah pasti ya), bolehlaaah stay at home sajaah.. hoho..

Yah intinya, syukuri dan jalani yang ada saja dulu. Berdoa dan berikhtiar semoga Allah SWT menunjukkan jalan yang diridhoi-Nya. 🙂

 

 

Our First Love

Lahir di Randwick, NSW, AU. Disaat Ibu lagi sibuk siap-siap ujian. Ujian tertulis dan ujian menghadapi bukaan lahiran. Harap-harap cemas antara examn duluan atau lahir duluan. Allah SWT menetapkan anak sholeh: Fatih Abqari Kusuma, menyapa dunia seminggu setelah ibu selesai dengan urusan ujian duniawi.

20150620_033645
His cry, miracle for us.

 

Di bulan ke-5 kehamilan, jadwalnya USG morphology, deteksi seluruh organ calon bayi. Dokter radiolog kasih bocoran kalau calon bayi laki-laki (well, actually we insist her to tell us :p). Papap kebingungan cari ilham buat nama calon anak.

Kenapa akhirnya milih inisialnya F.A? dari ibu papanya dooong.. Friska Aji :p

Di masa kehamilan, si Ibu saat itu baru kenal dan langsung nge-fans dan kesengsem banget sama tokoh pejuang Islam, Muhammad Al-Fatih. Pejuang Islam muda yang tampan dan cerdas, brilian sedari remaja, pemimpin terbaik yang disebutkan Allah SWT melalui hadist, penakluk konstantinopel di usia muda, daaan plus-plus lainnya. Lalu jadilah cita-cita Ibu punya anak lelaki dengan ada nama Fatih nya. Fatih sendiri artinya pembuka, perintis, pemenang.

Abqari dapet dari googlingnya papap yang artinya cerdas, bijaksana. Kalau Kusuma jelas nama belakang papapnya anak bayi, penerus keluarga yang artinya harum. Jadi, doa kami untuk cinta pertama kami, semoga jadi anak pertama kami (pembuka) yang bijaksana nan cerdas dan selalu harum namanya. Dan punya jiwa pejuang seperti tokoh yang sama namanya. Aamin ya Rabb. 🙂

20150620_050627.jpg
Fatih Abqari Kusuma

 

So, for our second child and the child after, mau perempuan atau laki-laki, si ibu punya cita2 nama anaknya ada unsur nama tokoh pejuang maupun ilmuwan Islam. Agar suatu saat mereka googling namanya, mereka bangga dan bisa terinspirasi kalau hidup itu berjuang dan berpikir di jalan yang baik dan benar, bukan alay-alayan semata. Udah ga usum. Hehe. 🙂

IBU BEKERJA dan ART

Sejak kembali ke dunia kerja, si mamak inih seringkali dilanda dilema nestapa. Lama nempel2 sama si bocah bikin ketagihan dan kepikiran mau off ngantor sajah jadi mamak erte. Dikala niat jadi mamak erte datang kadang pride mamak yang udah susah-sudah skola sampe master di negeri kangguru ini mulai berkecamuk. Tapi lihat anak dipegang orang lain rasanya ga tega dan pudarlah keinginan mamak ngantor seketika. Gitu aja ga selesai selesai. Haha.

Berhubung hidup jauh dari orang tua dan mertua, si mamak dan mas suami ga tega dan ga mau anaknya dipegang orang lain selain si mamak dan mas sampai minimal anak usia 6 bulan. Akhirnya mas suami kerja di rumah sambil jaga si sholeh. Setelah si anak 6 bulan dan beberapa bulan kerja, mamak mulai letih lesu mata panda karna habis kerja di kantor lanjut kerja di rumah jadi INEMania. Belum lagi kudu nyelesain paket pekerjaan mamak perah (cuci, steril, lap botol) yang ga ada abisnya. Mas suami mulai gatel pengen mobile ksana kemari melebarkan network menggapai mimpi dan asa. *iye, sori, lagi pengen lebay* ahahahah.

Karena mamak kerja di weekdays, tiap weekend waktunya mamak sosonoan sama anak sholeh dan mas suami fokus dengan mondar mandir buat usahanya, tiap weekend juga kita bertiga selalu ke Bandung. Iyah, ini lama-lama nguras energi dan tabungan yeeee.. heuheu.. ya saya aja cape bolak-balik bandung-bkasi terus, gimana anak bayii cobaaa.. alhamdulillah anak sholeh setrooongg.. J tapi ya tetep kepikiran yes L

Lalu di suatu weekend di Bandung tiba2 mama mertua kedatangan si calon ART yang konon dia bilang udah lihai ngurus anak bayi.. well……. ini aga2 antara butuh tapi ogah awalnya.. heuheu.. ya gimana atuh ya orang asing yang entah dari mana tiba2 bakalan ngabisin waktu kurleb 13 jam (9 jam di kantor +/- 4 jam macet gila dijalan) tiap hari di rumah sama si sholeh kesayangan. Kepikiran gimana makannya, dijagain apa engga, diajak interaksi apa engga, dll.

Si mamak dag-dig-dug was-was tiap di kantor. Iya, was-was nya berkali lipat, karena jarak Bekasi –jakarta yang ga bisa dikebut walau naik gojek. Itu juga kayanya jarang ada mamang gojek yang mau ke bekasi T.T. Mas suami mulai fokus usaha di Bandung, ga tega anak di rumah berdua aja, mamak coba ajak si sholeh ke TPA di kantor. 4 harian anak sholeh diajak “ngantor”, alhasil anak ga bobo siang ga bobo sore, keasikan main, dan keganggu temen2 sejawat di TPA. Pulang ke rumah nangis kejer, ga mempan disusuin. Hati mamak ituuuh kaya disayat-sayat kalau udah giniiih T.T secara senjata terampuh (nen*n,-) ga mempan buat nenangin. Semenjak itu mamak trauma ngajak anak sholeh ke TPA. Titip anak sholeh ke Allah SWT aja, di rumah sama ART.

Well, semua itu pilihan kan ya? Si mamak hanya menjalani dan mensyukuri apa yang ada, sambil berusaha cari cara supaya kondisi ga kaya gini-gini aja. Mamak paling risih kalau ada yang cuma komentar nyinyir tanpa tau kondisi apalagi ga ngasih solusi. Sekian dan terima suntikan semangat. Huehehe.

Kerja dengan ASIP super minim

Akhirnya posting sesuatu! iyah,, gara-gara lagi di kantor, hari pertama dan ga tau mau ngapain dan nyawa masih setengah,, masih mikir kenapa musti ngantor lagi,, dan lalu kangen anak,, yang berakhir dengan nge blog,, haha

Status yang sewaktu pergi dari kantor hanya istri, sekarang sudah lengkap jadi ibu,, pikiran udah kaya medusa,, badan di kantor tapi perasaan masih ngajak ketawa si sholeh yang lagi lucu-lucu nya doyan ngoceh dan ketawa ketiwi sendiri,,

Sampai di kantor langsung bergabung di club emak-emak pumping,, ngumpul di mushola cewe sambil mompa share cerita2 gejolak emak baru,, huehe,, ya skalian booster untuk semangat mompa,,

Tentang ASIP nih ya.. H-2 masuk kerja, cuma punya 8 ASIP @100ml di freezer,, dan itu pun di bandung, ga kebawa ke bekasi,, T.T

Di saat new moms di kantor heboh posting stok ASIP sekulkas.. SEKULKAS!! Saya ke-PD-an GA nyetok ASIP,, kenapa? Saya terlalu songong karena ASI selalu berlebih sampai bocor2,, pompa cuman buat bikin PD kosong dan produksi tetep banyak, alhasil ya seringnya dibuang bukannya di freez,, asumsinya pasti keburu untuk pumping buat stok (asli ini penyesalan paling dalem),, dan kehasut omongan orang-orang di sekitar ngapain mompa banyak2?? (aaaaakk!! Ini PERLU!!)

Kondisi yang masih bolak-balik rumah mertua dan rumah orang tua bikin saya malas untuk bawa segambreng alat perpumpingan yang ujung-ujungnya lagi-lagi dibuang,, cemeeenn,, *okey, ini sambil ngetik, sambil hati teriris*

Kenyataannya?

Planning awal yang bakalan pindah bekasi H-1minggu yang cukup buat nyetok, gagal,, kondisi rumah yang debuan dan nyamukan parah bikin saya ga tega buru-buru stay,, akhirnya saya dan suami pilih bolak balik bekasi-bandung buat beres2 rumah sampe kondisi at least lumayan nyaman ditempatin anak,, meanwhile kita beberes, si sholeh di tinggal di bandung dan mulai ngambilin stok ASIP beku,,

Waktu makin mepet, kondisi mobile sana-sini bikin saya terlalu nyerah dengan lelah,, sampe niatan mau stok ASI sirna sudah,, ahuhuhuhu T.T

Pindahan H-2, di kulkas belum ada stok satupun! Mau ga mau pumping terus,, pagi siang sore tengah malem mompa teruss,, nyambi beres2 rumah,, waktu super singkat ini emang ga cukup ternyata buat saya dan si sholeh,, alhasil ASIP ga sebanyak biasanya karna kita masih adaptasi, si sholeh kepanasan terus dan nyusu terus.. uwaaaaaaaa… T.T untungnya si anak sholeeehh pisan ga pake banyak rewel.. *ciumpeluksianak*

Semuanya jadi serba keteteran,, ga sempet belanja buat masak, ga sempet nyuci banyak, dan rumah ga beres2,, Mas suami sampe bela-belain anter saya ke kantor supaya si anak sempet nyusu sebelum saya masuk ruangan kantor,, *pelukmassuami*

Well,,,

Buat working moms khususnya,, jangan pernah nunda-nunda stok ASIP,, mau dikata kaya sapi kek mo dikata kaya mo jualan susu kek,,, apapun itu, kencengin niat ngASI, pompa terus demi anak.. kita ga pernah tau bakalan ada apa kedepannya,,

Mata semakin panda, semoga tetap istiqomah,,

Early November, 2015